Ada Negara ASEAN yang tak Suka Timtim Masuk ASEAN

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA– Ketua Umum DPP Partai Golkar, Aburizal Bakrie (Ical), Rabu, menemui Presiden Timor Leste, Jose Ramos Horta, di Dili, untuk membicarakan berbagai hal, termasuk keinginan Timor Leste untuk menjadi anggota Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN).

Dalam pertemuan itu, Golkar memberi dukungan bagi Timor Leste untuk menjadi anggota ASEAN, demikian siaran pers DPP Partai Golkar.

Menurut Ical, Golkar akan menyampaikan hal itu kepada Pemerintah Indonesia, yang kini sedang menjabat sebagai Ketua ASEAN, agar mendukung sekaligus membantu proses bergabungnya Timor Leste menjadi anggota ASEAN.

“Kami akan mengatakan kepada Presiden kami bahwa Partai Golkar mendukung Timor Leste masuk menjadi anggota ASEAN secepatnya,” katanya.

Meski begitu, Pemerintah RI juga harus terlebih dahulu melakukan pendekatan serta membahasnya dengan negara-negara anggota ASEAN, sebab kondisinya saat ini ada satu negara anggota yang belum menyetujui masuknya Timor Leste ke dalam ASEAN.

“Memang ada satu negara ASEAN yang belum menyetujui, dan hal itu memang harus atas kesepakatan bersama, satu konsensus dari semua negara (anggota). Karena itu, Presiden (Susilo Bambang Yudhoyono), sebagai Ketua ASEAN, diharapkan dapat mempercepat prosesnya,” kata Aburizal.

Dalam Konferensi Tingkat Menteri Ke-16 Gerakan Nonblok di Nusa Dua, Bali, 23 Mei 5 2011, Menteri Luar Negeri RI, Marty Natalegawa, menyebut ada satu negara anggota ASEAN yang masih keberatan dengan bergabungnya Timor Leste ke dalam ASEAN.

Menteri tidak menyebutkan nama negara tersebut. Ia hanya mengatakan, negara tersebut adalah salah satu negara besar di ASEAN. Selain masalah Timor Leste dan ASEAN, Aburizal dan Ramos Horta juga membicarakan upaya kerja sama antara Indonesia dengan Timor Leste.

Disebutkan, kerja sama tersebut diharapkan dapat dilakukan, sedikitnya, dalam bidang pendidikan dan ekonomi (perdagangan dan investasi). Partai Golkar, sebagai partai politik koalisi pendukung pemerintah, kata Aburizal, mengupayakan agar Indonesia dapat menanamkan investasi di negeri Timor Leste itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>