REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG – Arus balik kendaraan dari jalur Pantura Karawang, Jawa Barat, menuju gerbang Tol Cikampek, Cikopo, Kabupaten Purwakarta padat lancar pada H+4 Lebaran, menyusul terus meningkatnya volume kendaraan yang melintas dari arah Cirebon, Ahad (4/9) malam.

Kepadatan kendaraan sudah terlihat sejak di wilayah Gamon atau jalur Pantura wilayah perbatasan Subang hingga Simpang Jomin. Kendaraan pehilir atau pemudik balik yang menggunakan sepeda motor, kendaraan pribadi dan kendaraan jenis bus terus ‘mengalir’ menuju Simpang Jomin.

Beberapa kilometer dari jalur Pantura menuju Simpang Jomin, terjadi antrean kendaraan menuju Pertigaan Mutiara melewati Jalan By Pass Jomin. Kondisi itu terjadi akibat penyempitan jalan atau ‘bottle neck’ dari jalur Pantura menuju Simpang Jomin tersebut.

Walaupun di sepanjang Jalan By Pass Jomin diberlakukan satu arah, yakni hanya dipergunakan bagi kendaraan menuju Pertigaan Mutiara, Selepas Simpang Jomin, tetapi arus lalu lintas di sepanjang jalan itu tetap padat lancar. Begitu juga kondisi arus lalu lintas selepas Pertigaan Mutiara ke gerbang Tol Cikampek, arus lalu lintas padat lancar.

Dari jalur Pantura Karawang menuju gerbang Tol Cikampek, lalu lintas hanya tersendat di beberapa titik, seperti di Simpang Jomin, serta di depan rumah makan dan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) karena pada titik depan rumah makan dan SPBU terdapat kendaraan yang ‘keluar masuk’.

Sementara itu, akibat diberlakukannya satu jalur hanya untuk kendaraan menuju gerbang tol Cikampek di sepanjang Jalan By Pass Jomin, kendaraan dari arah gerbang tol menuju jalur Pantura harus melewati Pasar Cikampek yang rawan macet akibat adanya pasar tumpah dan angkutan kota (angkot) yang mengetem.

Pengalihan arus lalu lintas pada arus balik H+4 lebaran 2011 juga diberlakukan di Kawasan Industri Kota Bukit Indah, Cikopo. Bagi kendaraan dari arah Purwakarta yang hendak ke Jakarta dan sekitarnya hanya bisa masuk Tol Jakarta-Cikampek melalui gerbang tol Kalihurip, Dawuan.

Sedangkan gerbang Tol Cikampek hanya diberlakukan bagi kendaraan dari jalur Pantura tujuan Jakarta dan sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>