HOME
Home » Nasional » Koalisi: Akibat Kurikulum Baru, Ribuan Guru Terancam Menganggur

Koalisi: Akibat Kurikulum Baru, Ribuan Guru Terancam Menganggur

Posted at April 4th, 2013 | Categorised in Nasional

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ratusan ribu guru terancam akan kehilangan pekerjaannya karena adanya Kurikulum 2013. Sebab, dalam kurikulum itu ada beberapa mata pelajaran yang dihapuskan.

Juru bicara Koalisi Revolusi Pendidikan Retno Listyarti mengatakan, mata pelajaran Teknologi Informasi dan Informasi (TIK) dihapus dalam kurikulum 2013.

Selain itu, mata pelajaran bahasa asing lainnya, seperti Bahasa Jerman, Perancis, Jepang, dan Mandarin juga dihapus. Mata pelajaran itu, kata dia, hanya boleh diajarkan pada sekolah yang memiliki jurusan bahasa sebagai peminatan.

Mata pelajaran tata boga dan tata busana juga dihapus dan diganti dengan pelajaran prakarya. Sementara pelajaran ekonomi diganti dengan pelajaran kewirausahaan. 

Retno juga mengatakan, pada kurikulum 2013, tidak ada lagi mata pelajaran bahasa inggris di tingkat SD. Sementara, untuk pelajaran Bahasa Inggris di tingkat SMP dan SMA, lanjut dia, waktunya dikurangi dari yang semula 180 menit menjadi 90 menit.

“Mulanya di satu sekolah ada enam guru bahasa inggris, sekarang jadi tinggal dua guru,” ujar dia dalam konferensi pers di gedung Kementerian Keuangan, Kamis (4/4).

Pelajaran bahasa Bali, kata dia, juga dihapuskan dalam kurikulum 2013. Hal ini, kata dia, dikhawatirkan akan mengikis budaya bahasa pada generasi muda di Bali. 

“Selama ini menteri tidak pernah mengungkap hal ini. Menteri bilang ini kurikulum yang hebat, padahal isinya tidak demikian,” ujar dia yang juga pengurus Federasi Serikat Guru Indonesia.

Menurut Retno, kurikulum 2013 juga sangat tidak relevan dengan kemajuan ilmu pendidikan saat ini. Sebab, kurikulum tersebut mematikan daya kritis anak didik.

Related Post to Koalisi: Akibat Kurikulum Baru, Ribuan Guru Terancam Menganggur

Ahok Ditantang Gusur Rumahnya di Pluit

Ahok Ditantang Gusur Rumahnya di Pluit

Posted at August 20, 2015

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sejarawan JJ Rizal mengkritisi sikap Gubernur DKI Jakarta dalam melakukan penertiban warga di kawasan Kampung Pulo, Kelurahan Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta... Read More

Ahok: Pimpin Jakarta tak Perlu Pintar, Yang Penting Otot Kuat

Ahok: Pimpin Jakarta tak Perlu Pintar, Yang Penting Otot Kuat

Posted at August 20, 2015

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menilai dalam memimpin Kota Jakarta, tidak hanya dibutuhkan otak yang cerdas, tetapi juga otot yang... Read More

Thailand Minta Bantuan Interpol Lacak Pelaku Pengeboman

Thailand Minta Bantuan Interpol Lacak Pelaku Pengeboman

Posted at August 20, 2015

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK — Thailand meminta bantuan Interpol untuk membantu melacak pria yang diyakini meledakkan bom di Kuil Erawan, Bangkok, pekan lalu. Gambar terduga pelaku... Read More

Pasar Saham Cina Terus Menurun

Pasar Saham Cina Terus Menurun

Posted at August 20, 2015

Kamis, 20 Agustus 2015, 11:00 WIB Komentar : 0 www.maxxelli-consulting.com REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING — Saham Cina kembali menurun pada penutupan penjualan setelah langkah Bank Sentral... Read More

Pelaku Bom Bangkok Memiliki Jenggot Tipis

Pelaku Bom Bangkok Memiliki Jenggot Tipis

Posted at August 20, 2015

Home > Internasional > Global Kamis, 20 Agustus 2015, 02:57 WIB Komentar : 0 Royal Thai Police via AP Gambar ini dirilis oleh Kepolisian... Read More


Powered by WordPress Popup