HOME
Home » Nasional » Produk dari Bahan Plasenta Hewan (2-habis)

Produk dari Bahan Plasenta Hewan (2-habis)

Posted at November 15th, 2012 | Categorised in Nasional

REPUBLIKA.CO.ID, Bagaimana hukum memakai produk-produk yang menggunakan plasenta?

Komisi Fatwa MUI telah membahas hukum penggunaan plasenta hewan halal untuk bahan kosmetik dan obat luar.

Dijelaskan bahwa plasenta yang dimaksud adalah tembuni, dikenal juga dengan nama ari-ari yang terbentuk pada masa kehamilan.

Organ ini menghubungkan janin ke dinding rahim induk melalui pembuluh darah untuk mendapatkan nutrisi, mengeluarkan sisa-sisa metabolisme serta pertukaran gas.

Produk yang digunakan sejenis kosmetik untuk dipakai di luar tubuh. Seperti, parfum, krem wajah, krem pelembab kulit, pewarna rambut, sampo, sabun mandi, sabun wajah, hingga bedak wajah.

Sedangkan obat luar yang digunakan sejenis obat-obatan yang digunakan di luar tubuh, yaitu salep, cairan pencuci, dan cairan kompres.

Menurut Komisi Fatwa MUI, penggunaan plasenta yang berasal dari hewan halal untuk bahan kosmetik luar maupun obat luar hukumnya mubah (boleh).

Namun, jika penggunaan plasenta berasal dari bangkai hewan halal untuk bahan kosmetik dan obat luar maka hukumnya haram. Maksud bangkai di sini adalah binatang yang mati tanpa disembelih atau yang disembelih dengan cara yang tidak sesuai dengan ketentuan syar’i.

Dari penjelasan Fatwa MUI tersebut, konsumen perlu waspada dan mengetahui asal plasenta yang digunakan pada kosmetik maupun obat-obatan. Tidak menutup kemungkinan konsumen terjebak produk-produk tersebut berasal dari plasenta hewan halal, namun proses penyembelihan yang tidak syar’i menjadikan produk ini menjadi haram dan dilarang agama.

Walaupun khasiatnya luar biasa, tapi dari bahan yang tidak halal (bangkai atau hewan haram), tetap saja hukumnya haram. Lepas dari manfaat dan mudharatnya, karena dasar yang dipakai umat Islam adalah halal dan haram.

Related Post to Produk dari Bahan Plasenta Hewan (2-habis)

Kecam Hukuman Mati, Axl Rose Tulis Surat untuk Jokowi

Kecam Hukuman Mati, Axl Rose Tulis Surat untuk Jokowi

Posted at April 30, 2015

REPUBLIKA.CO.ID,NEW YORK — Vokalis Guns N’ Roses, Axl Rose mengirim surat terbuka untuk Presiden Jokowi. Dia memprotes eksekusi mati terhadap terpidana narkoba. Axl Rose... Read More

Akhir April, Defisit Anggaran Tertolong Pajak

Akhir April, Defisit Anggaran Tertolong Pajak

Posted at April 29, 2015

Home > Ekonomi > Keuangan Rabu, 29 April 2015, 23:09 WIB Komentar : 0 Antara/Fanny Octavianus Bambang Brodjonegoro Menteri Keuangan REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pada... Read More

Pengacara Asyani Segera Sampaikan Memori Banding

Pengacara Asyani Segera Sampaikan Memori Banding

Posted at April 29, 2015

. REPUBLIKA.CO.ID, SITUBONDO — Pengacara Asyani segara menyampaikan memori banding terkait dengan vonis satu tahun dan denda Rp 500 juta kepada kliennya dalam kasus... Read More

Demiz Minta Penegakkan Ketertiban KBU Dimantapkan

Demiz Minta Penegakkan Ketertiban KBU Dimantapkan

Posted at April 29, 2015

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG– Pemprov Jabar, melakukan pemantapan Program Kerja Tahun 2016. Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar meminta organisasi perangkat daerah (OPD) dan biro memantapkan ... Read More

Dinas Kebersihan Kediri Ubah Sampah Jadi Bahan Bakar

Dinas Kebersihan Kediri Ubah Sampah Jadi Bahan Bakar

Posted at April 28, 2015

REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI — Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Kediri, Jawa Timur mengelola sampah menjadi bahan bakar yang dimanfaatkan warga untuk kebutuhan sehari-hari. Kepala... Read More


Powered by WordPress Popup