HOME
Home » Nasional » Produk dari Bahan Plasenta Hewan (2-habis)

Produk dari Bahan Plasenta Hewan (2-habis)

Posted at November 15th, 2012 | Categorised in Nasional

REPUBLIKA.CO.ID, Bagaimana hukum memakai produk-produk yang menggunakan plasenta?

Komisi Fatwa MUI telah membahas hukum penggunaan plasenta hewan halal untuk bahan kosmetik dan obat luar.

Dijelaskan bahwa plasenta yang dimaksud adalah tembuni, dikenal juga dengan nama ari-ari yang terbentuk pada masa kehamilan.

Organ ini menghubungkan janin ke dinding rahim induk melalui pembuluh darah untuk mendapatkan nutrisi, mengeluarkan sisa-sisa metabolisme serta pertukaran gas.

Produk yang digunakan sejenis kosmetik untuk dipakai di luar tubuh. Seperti, parfum, krem wajah, krem pelembab kulit, pewarna rambut, sampo, sabun mandi, sabun wajah, hingga bedak wajah.

Sedangkan obat luar yang digunakan sejenis obat-obatan yang digunakan di luar tubuh, yaitu salep, cairan pencuci, dan cairan kompres.

Menurut Komisi Fatwa MUI, penggunaan plasenta yang berasal dari hewan halal untuk bahan kosmetik luar maupun obat luar hukumnya mubah (boleh).

Namun, jika penggunaan plasenta berasal dari bangkai hewan halal untuk bahan kosmetik dan obat luar maka hukumnya haram. Maksud bangkai di sini adalah binatang yang mati tanpa disembelih atau yang disembelih dengan cara yang tidak sesuai dengan ketentuan syar’i.

Dari penjelasan Fatwa MUI tersebut, konsumen perlu waspada dan mengetahui asal plasenta yang digunakan pada kosmetik maupun obat-obatan. Tidak menutup kemungkinan konsumen terjebak produk-produk tersebut berasal dari plasenta hewan halal, namun proses penyembelihan yang tidak syar’i menjadikan produk ini menjadi haram dan dilarang agama.

Walaupun khasiatnya luar biasa, tapi dari bahan yang tidak halal (bangkai atau hewan haram), tetap saja hukumnya haram. Lepas dari manfaat dan mudharatnya, karena dasar yang dipakai umat Islam adalah halal dan haram.

Related Post to Produk dari Bahan Plasenta Hewan (2-habis)

Ahok Ditantang Gusur Rumahnya di Pluit

Ahok Ditantang Gusur Rumahnya di Pluit

Posted at August 20, 2015

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sejarawan JJ Rizal mengkritisi sikap Gubernur DKI Jakarta dalam melakukan penertiban warga di kawasan Kampung Pulo, Kelurahan Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta... Read More

Ahok: Pimpin Jakarta tak Perlu Pintar, Yang Penting Otot Kuat

Ahok: Pimpin Jakarta tak Perlu Pintar, Yang Penting Otot Kuat

Posted at August 20, 2015

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menilai dalam memimpin Kota Jakarta, tidak hanya dibutuhkan otak yang cerdas, tetapi juga otot yang... Read More

Thailand Minta Bantuan Interpol Lacak Pelaku Pengeboman

Thailand Minta Bantuan Interpol Lacak Pelaku Pengeboman

Posted at August 20, 2015

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK — Thailand meminta bantuan Interpol untuk membantu melacak pria yang diyakini meledakkan bom di Kuil Erawan, Bangkok, pekan lalu. Gambar terduga pelaku... Read More

Pasar Saham Cina Terus Menurun

Pasar Saham Cina Terus Menurun

Posted at August 20, 2015

Kamis, 20 Agustus 2015, 11:00 WIB Komentar : 0 www.maxxelli-consulting.com REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING — Saham Cina kembali menurun pada penutupan penjualan setelah langkah Bank Sentral... Read More

Pelaku Bom Bangkok Memiliki Jenggot Tipis

Pelaku Bom Bangkok Memiliki Jenggot Tipis

Posted at August 20, 2015

Home > Internasional > Global Kamis, 20 Agustus 2015, 02:57 WIB Komentar : 0 Royal Thai Police via AP Gambar ini dirilis oleh Kepolisian... Read More


Powered by WordPress Popup